Header Ads

Jangan Takut Ganti Template Blog, dan Pengaruhnya Terhadap Trafik

Ceritanya, saya membuat blog baru, sudah ada 60 artikel yang saya buat, tapi grafik para pengunjung hanya segitu saja, tak lebih dari 100 orang. Tadinya saya mengira, "wah jangan-jangan ini gara-gara artikelnya yang kurang banyak?". Maka saya pun menambahkan lagi beberapa artikel tambahan, bahkan tulisannya juga amat sangat panjang sekali, hasilnya bagaimana?? tetap saja grafik para pengunjung tak lebih dari 100 orang. wah berabe dech..

Masih dalam perenungan yang dalam, saya juga berkunjung ke sebuah blog yang dulu pernah saya garap, blog ini diperkirakan berusia sekitar 6 tahun yang lalu, blog ini memang amburadul banget, masih menggunakan template bawaan blogspot dan kondisinya sangat acak-acakan, kalau tidak salah, jumlah artikelnya ada sekitar 600 artikel yang berbicara mengenai agama dan lainnya. pada waktu itu blog tersebut pengunjungnya masih dan selalu di bawah 1000 orang. lalu saya berpikir untuk mengganti template dengan template yang katanya menurut beberapa pakar, itu template yang SEO dan responsive.

Setelah saya ganti dengan template baru, yang SEO dan responsive, mata saya terbelalak karena pengunjung blog (lama saya), ternyata bisa tembus sampai lebih dari 1000 Pengunjung setiap harinya.

Berkaca dari pengalaman tersebut, saya melihat templat blog asepbahtiar.com (yang dulu berawarna dominan biru), mungkin bagi anda yang dulu pernah singgah di blog ini sudah faham, templatenya berwarna biru saya dapatkan dari Gooyabi, itu sudah SEO frendy, tapi hasilnya tetap saja, grafik tidak pernah naik, entah bagaimana, saya sendiri bingung, bahkan sempat beberapa kali Akun Adsense saya cabut pasang terus karena saya takut nilai BPK nya lebih dari 10 Persen, Anda tahu sendiri bukan?, jika klik terlalu banyak melebihi dari jumlah pengunjung, atau bisa dikatakan BPK lebih dari 10 persen, maka bersiaplah, setidaknya jangan menangis jika Adsense anda di banned pihak Mbah Google.

Nah grafik blog asepbahtiar.com (yang menggunakan template dari Gooyabi) semakin hari semakin menyusut, padahal artikel terus saya tambah setiap harinya. Saya jadi teringat akan pengalaman mengganti template di blog saya yang lama itu, apakah template berpengaruh??

Apakah mengganti template berpengaruh terhadap Grafik Pengunjung??

Mungkin itu menjadi pertanyaan bagi banyak orang, tapi saya (untuk saat ini) tidak mau mendengar saran terlalu banyak dari pakar dan mastah-mastah yang hebat-hebat, katanya template itu harus SEO lah dan lain sebaginya, nyatanya bagi saya simpel saja, saya pergunakan template yang paling simpel dan tidak terlalu banyak menggunakan menu-menu apapun.

Toh pada dasarnya saya ngeblog bukan tujuan apa-apa seperti kebanyakan orang, ngeblog untuk tujuan dapat duit miliaran perbualan dari blog atau apalah-apalah. Saya mah biasa saja, bodo amat, saya mah terserah saja, yang penting saya bisa menulis dan template bognya rada lumayan ringan, meskipun bagi sebagian orang template saya 'katanya' kurang SEO, tapi saya mah bodo amat. Toh setelah saya ganti Template dengan template yang sekarang, nilai grafiknya malah semakin tinggi, terutama, anehnya banyak pengunjung yang rata-rata dari luar negri. Aneh kan?

Apakah Ganti Template Berpengaruh??

Jawabannya tentu saja sangat berpengaruh. Dalam hal ini saya tidak punya riset yang terlalu canggih dan tidak punya banyak waktu untuk memikirkan template mana yang bagus, toh sebulan sekali saya pernah gonta ganti template dan grafiknya naik turun dan naik turun terus menerus, bahkan template yang bagus sekalipun (pernah saya pakai), dulu grafiknya bagus tapi beberpa bulan kemudian malah menjadi nyusut, parah banget !!

Kesimpulan: Tidak Ada Template yang Responsive

Akhirnya saya menyimpulkan, Bahwa pada kenyataannya tidak pernah ada template blog yang bernar-benar SEO dan responsive di dunia ini, maksudnya template SEO yang benar-benar abadi ke-SEO-annya. Mungkin Gooyabi termasuk salah satu penyedia template yang bagus-bagus untuk tahun 2018 tapi tidak mungkin tidak, di masa mendatang, akan muncul sebuah template yang lebih wow dan SEO lagi dari Gooyabi

Template itu ibarat Body Mobil

Nah, sampai hari ini saya meyakini bahwa sebuah template blog, sebagus apapun, itu bagaikan body mobil. Okelah template blog yang anda miliki sekarang ini memang bagus banget, seperti mobil yang baru keluar dari pabriknya, tapi setelah sekian lama di pakai apakah bodinya akan tetap mulus dan warnanya akan tetap kinclong? Banyak sampah dan chace yang bertebaran di Internet, Template SEO dan responsife sekalipun, tetap saja bagi saya akan terlindas (suatu hari) di masa mendatang dengan template-template baru yang lebih aduhai dan lebih canggih lagi.

Berani Ganti Template

Jadi, jangan takut dan jangan ragu untuk mengganti Template, dan jangan fanatik terhadap template blog yang anda miliki sekarang ini, cobalah dan cobalah jika anda memang merasa "Kok blog anu artikelnya cuma cepek, tapi pengunjungnya ribuan, sedangkan blog gue artikelnya bejibun tapi pengunjungnya tak lebih dari gope.." Jadi jangan pernah takut untuk mencoba dan mengganti template baru, memang membutuhkan waktu yang lama agar kita bisa mengerti apakah template baru ini bisa teruji? yang terpenting anda berusaha dan berani Ganti template.



Tapi pada dasarnya, template SEO dan Responsife itu simpel saja bahan-bahannya, carilah template yang super ringan dan benar-benar ringan untuk blog anda, agar pembaca tidak jengkel kala membuka web anda karena lemot (apalagi sekarang quota internet mahal bro..), dan si mbah Google tetap tersenyum melihat Blog anda yang selalu lancar walaupun dikunjungi 10ribu pengunjung setiap harinya. (*)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.